Aneka Jenis

Kecil namun lezat, itulah jamur. Apa saja macamnya? Simak penjelasannya di sini…

jamur, jenis jamur

Jamur Enoki
Selain berwarna putih dan mirip tauge, teksturnya garing dan beraroma segar. Buang akarnya sebelum dimasak. Simpan jamur dalam lemari es, agar dapat tahan lebih lama.

Jamur Tiram
Bentuk jamur ini setengah lingkaran dengan bagian tengah yang cekung. Warnanya putih atau krem. Saking lembutnya sering disebut seperti tekstur . Bisa diolah menjadi jamur goreng crispy, isian untuk , aneka sup, dan pepes jamur.

Jamur Shiitake
Shiitake segar diolah sebelum paying bagian bawah berubah warna menjadi kehitaman. Batangnya yang agak keras sering tidak digunakan dalam masakan. Nah, shiitake favorit justru yang kering karena aromanya lebih harum.
Sebelum diolah shiitake kering direndam dalam air. Selain digunakan sebagai isi dari sup miso, digoreng sebagai tempura, campuran udon, shiitake juga digoreng hingga garing dan dijual sebagai keripik.

Jamur Merang
Yang bisa dikonsumsi adalah jamur merang muda, bentuknya bulat , berwarna cokelat gelap hingga abu-abu dan dilindungi selubung. Rasanya enak, gurih, dan tidak mudah berubah wujudnya jika dimasak sehingga digunakan untuk berbagai macam masakan seperti mi ayam jamur, tumis jamur, pepes jamur, sup jamur, cap cay, dan masakan lain.

Jamur Kuping
Warnanya cokelat kehitaman atau cokelat tua, teksturnya kenyal kalau masih segar. Namun jika kering, ia keras seperti tulang dan ini sering dijual. Rendam sebelum dipakai hingga bentuknya kembali ke asal yaitu seperti mangkuk atau kuping, tipis berdaging, dan kenyal.
Anda bisa memasak kimlo, campuran sup, jamur, tauco jamur, , dan bakmi jamur dengan jamur kuping yang menambah lezat plus tekstur lunaknya terasa segar namun kering.
Jamur kuping ada juga yang berwarna putih dan disebut jamur karang.

Jamur Kancing
Nama lainnya adalah champignon, ia mirip kancing bulat dan berwarna putih bersih, krem, atau cokelat muda. Si kancing bisa dibeli dalam kemasan kaleng atau segar.
Karena teksturnya yang padat, kenyal dan rasa yang gurih, ia hadir di berbagai hidangan seperti sup, tumis jamur, jamur goring , campuran dalam saus pasta.
Masih satu keluarga dengannya adalah jamur lince, dengan batang lebih panjang.

Source : http://klubnova.tabloidnova.com/KlubNova/Artikel/Aneka-Tips/Kamus/ANEKA-JAMUR

Apa Komentar Anda?

Komentar

Leave a Reply