Semua orang mengerti dan menyadari, pengaturan pola hidup dan pola makan sangat berpengaruh pada . Namun ternyata, banyak yang masih termakan mitos yang tak jarang menyesatkan. Alih-alih mendatangkan kesembuhan, menjerumuskan.

Salah satu mitos yang dipercayai adalah makan akan menyebabkan . Memang merupakan penyebab utama dan berbagai penyakit .

membuat jantung bekerja lebih keras, arteri jadi kaku, terbentuknya arterosklerosis yang dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Dalam jangka panjang hipertensi menyebabkan payah jantung, serangan jantung, sumbatan pada pembuluh darah otak (stroke).

Menurut penjelasan dr.Handarawan Nadesul, bukan daging yang menyebabkan darah tinggi, melainkan . “Garam dapurlah yang harus dimusuhi keluarga, terlebih bila ada yang berbakat turunan darah tinggi,” katanya.

Dia menambahkan, mengonsumsi daging secukupnya, bukan saja dianjurkan, melainkan diperlukan. Daging mengandung sejumlah zat gizi penting, selain asam amino yang dibutuhkan untuk memelihara sel dan organ tubuh.

“Sekali dua kali dalam seminggu mengonsumsi daging, masih dinilai layak. Begitu juga dengan telur,” papar dr.Handrawan. Pantang mengonsumsi daging bukan saja gagal membendung hipertensi, tapi juga berakibat tubuh kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Dua zat gizi yang terkandung dalam daging.

[.com]

Apa Komentar Anda?

Komentar

Leave a Reply