Selain mendinginkan, lemari es juga berfungsi menjaga kesegaran makanan yang disimpan di dalamnya. Tapi fungsi ini tidak akan efektif bila cara penyimpanan kurang tepat, dan makanan yang disimpan sudah tidak segar atau bahkan sudah lewat tanggal kedaluwarsanya. Jadi apa saja yang perlu diketahui agar makanan tetap baik dan segar saat dikonsumsi?

Saat membeli
I. Pilihlah makanan yang bersih dan segar/baru. Jika makanan tersebut memiliki tanggal kedaluwarsa, perhatikan dengan seksama dan perkirakan apakah jangka waktunya sesuai dengan kebutuhan.
2. Biasakan berbelanja di toko yang selalu menyediakan makanan baru dan segar.

Cara menyimpan
1. Masukkan makanan ke dalam wadah berpenutup (mis. tupperware), agar aroma makanan tidak keluar dan rasanya tidak berubah. Makanan yang diletakkan begitu saja di dalam lemari es, akan menjadi kering dan aromanya akan mencemari aroma makanan lain dan aroma keseluruhan lemari es.
2. Simpan segera makanan yang baru dibeli di lemari es, terutama jika makanan tersebut mudah basi.
3. Untuk jenis makanan seperti daging, simpan dalam wadah tertutup rapat (Vacuum bag for food/plastik), dan letakkan di chiller khusus daging (jika lemari es Anda memiliki bagian ini) atau freezer. Perhatikan bahwa daging segar harus ditempatkan dengan baik untuk mendapat kesegaran yang sempurna.
4. Cuci sayuran hingga bersih, dan tiriskan sebelum disimpan di laci bawah lemari es. Jika mungkin kemaslah untuk menghindari pencemaran.
5. Dinginkan dahulu makanan/minuman yang masih panas, sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.
6. Perhatikan instruksi penyimpanan yang tertera pada kemasan makanan. Untuk makanan tertentu, biasanya dituliskan apakah Anda hamru menyimpannya di freezer, chiller, atau di bagian lain.
7. Jangan menyimpan buah-buahan yang mudah busuk seperti nanas, pisang, melon di dalam lemari es.
8. Buah-huahan berkadar air tinggi seperti semangka, anggur, dan jeruk yang telah dikupas, sebaiknya dibungkus plastik terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, agar tidak mengering.

Mudah-mudahan dapat membantu. Tetap sehat, tetap semangat.

Leave a Reply