Membuat daging steak memerlukan teknik khusus. Membuat sendiri hidangan steak di rumah bisa menghemat Anda, dan pastinya anggota keluarga bisa lebih dalam menikmati daging steak sesuai . Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara memanggang daging steak. Berikut caranya :

Pilih daging
Sedapat mungkin gunakan daging segar jika ingin membuat steak. Gunakan daging yang disimpan tak lama dari 3 hari, dan untuk hasil terbaik, jangan gunakan daging beku.

Alat pemanggang
Pastikan alat pemanggang dalam keadaan bersih. Minyaki alat sebelum dipanaskan, lalu panasi alat dalam keadaan tertutup 10 menit sebelum proses pemanggangan dimulai.

Pemotongan daging
Sisihkan lemak dari daging, baru kemudian bumbui dengan garam dan / rendaman.


Tetap tertutup
Pastikan alat tetap tertutup saat memanggang, dan jangan terlalu membolak-balik daging. Panggang sisi pertama selama beberapa menit, baru kemudian sisi satunya selama beberapa menit pula.

Waktu pemanggangan
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena bisa mempengaruhi tekstur empuk-tidaknya daging. Untuk daging tanpa tulang misalnya, dengan ketebalan 1- 1 1/2 inci harus dipanggang selama 3 menit tiap sisinya untuk ukuran setengah matang. Sedangkan daging bertulang dengan ketebalan sama membutuhkan waktu lebih lama, yaitu 4 menit per sisinya.

Waktu boleh ditambahkan untuk daging setengah matang, yaitu 1 menit untuk tiap sisinya, sedangkan bila daging yang diinginkan sangat matang, tambahkan 6 menit per sisinya.

Jangan tusuk dagingnya
Saat memindahkan atau membalik daging, hindari penggunaan garpu. Gunakan penjepit atau spatula dengan pinggiran halus agar tekstur daging tidak .

Amati temperatur
Jika memakai termometer daging, maka gunakan 145°F (62,78°C) untuk setengah matang, 160°F (71,1°C) untuk matang, dan 165°F (73,89°C) untuk yang matang sekali.

Diamkan sebelum disajikan
Setelah proses pemanggangan selesai, yang perlu Anda lakukan adalah mengistirahatkan dulu steak Anda sebelum disajikan. Tutup dengan foil dan biarkan di tempat hangat selama 10 menit. Langkah ini sama pentingnya untuk menjaga cita rasa steak.

Selamat mencoba, Steaks day out!

Apa Komentar Anda?

Komentar

Leave a Reply