Anda pernah mendengar susu tempe? bagi yang belum pernah dengar, ternyata susu tempe mempunyai manfaat bisa menurunkan kadar lemak baik kolesterol ataupun darah (menurut Dokter umum yang juga anggota Bidang Pelayanan Sentra Pengembangan dan Penerapan (Sentra P3T) , Setiawan Dalimartha)

Tempe dibuat dari kedelai yang sudah diproses, kemudian diberi tempe. Berbeda dengan kedelai, bahan bakunya, mutu gizi tempe lebih tinggi.

Tempe mengandung , yakni suatu sterol tumbuh-tumbuhan yang terbukti memiliki efek menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan kolesterol total sekaligus meningkatkan kadar HDL.

Tempe juga memiliki khasiat antihemolitik atau mengurangi kecenderungan mudah pecahnya serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Kandungan tempe yang cukup tinggi menekan lipoprotein lipase, sehingga produksi VLDL (Very Low Density Lipoprotein) di hati menurun. Keadaan ini akan menyebabkan penurunan kadar kolesterol total, LDL, dan trigliserida.

Cara Pembuatan :
Ambil tempe sebanyak 250 gram. Potong kecil-kecil seukuran 1 cm persegi. Rebus kurang lebih 5 menit untuk mematikan . Tiriskan sampai kering, lalu giling dan blender dengan menambahkan sedikit air hangat.
Hasil tirisan disaring dan diperas dengan kain kasa bersih sehingga diperoleh susu tempe mentah. Tambahkan air hangat sampai menjadi 1 liter. Lalu susu tempe direbus sambil diaduk sampai mendidih. Setelah dingin, tambahkan . Susu tempe siap diminum. Habiskan dalam sehari.

Sumber : Cyberhealth

Apa Komentar Anda?

Komentar

Leave a Reply