Tips Mencegah Nafas Tak Sedap

Tips Mencegah Nafas Tak Sedap

Bau mulut dapat terjadi secara permanen atau sementara. Gangguan ini memberikan dampak atau citra yang negatif bagi penderitanya. Apalagi jika bau mulut tersebut kronis atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai halitosis. Bau mulut biasanya disebabkan oleh pembusukan partikel makanan dan bakteri dalam mulut. Penyebab bau mulut antara lain gangguan perut, penyakit, mulut kering, rokok atau kopi dan alkohol, makanan beraroma, tonsilitis, atau karena bakteri di dalam mulut. Disamping itu, Halitosis dapat disebabkan oleh penyakit paru paru seperti bronchitis, paru paru bernanah atau kanker paru paru, apalagi kalau batuk atau meludah. Halitosis (nafas bau) bisa juga terjadi karena pencernaan yang kurang beres.selain itu Halitosis (nafas bau) dapat pula terjadi karena gangguan emosi, seperti rasa khawatir atau gelisah yang terjadi pada individu tersebut.

bau mulut, mencegah bau mulut, mengusir bau mulut

Agar terhindar dari Halitosis (nafas bau) yang tak sedap, dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi seperti sikat gigi sehari dua kali, pagi dan malam hari sebelum tidur, serta jangan lupa membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss) dan membersihkan lidah 2 kali sehari dengan pengerik lidah (tounge scraper). Sebab dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan kebersihan mulut, gigi tidak akan mudah rusak maupun keropos.

Gejala dan Tanda
Jenis bau mulut tergantung pada sumber atau penyebab.

Pengobatan Bau Mulut

Berikut tips untuk mengatasi bau mulut :

1. Sikat gigi setelah makan
Pastikan menyikat gigi dua kali sehari. Menyikat gigi dapat membersihkan sisa makanan dan bakteri yang menyebabkan mulut berbau.

2. Menyikat lidah
Membersihkan lidah secara rutin dengan bulu sikat yang lembut dapat membersihkan bakteri dan sisa makanan penyebab bau mulut.

3. Membersihkan gigi palsu
Bau mulut juga bisa disebabkan karena gigi palsu yang dipakai kotor. Setidaknya membersihkan gigi palsu sehari dua kali dapat mengurangi masalah bau mulut

4. Minum air putih sebanyak mungkin
untuk menjaga mulut tetap basah dan menghilangkan partikel makanan dan bakteri, minum air putih sangat dianjurkan.

5. Pemerikasaan gigi secara teratur
Gigi yang keropos dan tidak sehat juga bisa jadi sumber bau mulut. Memeriksanya secara rutin dianjurkan untuk mengurangi potensi bau mulut.

6. Menghilangkan kebiasaan merokok dan minum alkohol
Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol salah satu penyebab dari bau mulut. Meninggalkan kebiasaan itu selain menjaga bau mulut segar juga baik bagi kesehatan tubuh.

7. Mengkonsumsi makanan berserat
Mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar serta menghindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang, petai, dan makanan yang manis dapat mencegah bau mulut. Makanan berserat juga berfungsi melancarkan saluran pencernaan. Gangguan pencernaan terkadang juga menjadi penyebab bau mulut tak sedap.

Selain cara tersebut untuk menghindari Halitosis (nafas bau) dapat pula dilakukan dengan cara alami yaitu : buatlah juice wortel 1 gelas (250 cc) dan Bayam ½ gelas. minumlah sehari 3 kali

Apa Komentar Anda?

Komentar

Leave a Reply