Amandel adalah bagian dari sistem imunitas (kekebalan) tubuh kita yang berperan mencegah terjadinya berbagai jenis yang berusaha masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung dan kerongkongan. Karena fungsinya itu, maka amandel sering harus berhadapan dengan berbagai jenis bakteri, dan apabila terjadi penurunan daya tahan tubuh,, maka amandel itu sendiri yang akan mengalami penyakit. Jadi, langkah paling penting yang harus dilakukan adalah menjaga agar tidak terjadi penurunan daya tahan tubuh Anda.

Daya tahan akan senantiasa berada dalam keadaan kuat apabila tubuh mendapatkan asupan makanan dan minuman yang bergizi, yaitu yang semua unsur yang dibutuhkan oleh setiap sel tubuh manusia guna melaksanakan tugas metabolisme secara lancar.

Berikut adalah yang disarankan :

• Minum air putih hangat (tidak dingin) sebanyak mungkin (7 s/d 8 gelas @200 ml) dalam sehari.
• Hindari makanan dan minuman dingin, gorengan, makanan yang mengandung pengawet/diasinkan.
• Rajin berkumur air garam paling sedikit sekali dalam sehari.
• Minumlah segelas jus yang dibuat dari campuran satu dan satu buah wortel setiap hari. Semakin bertambah usia, maka jumlah wortel semakin ditingkatkan. Kalau suka, dapat ditambahkan tomat dan buah-buahan berwarna merah atau kuning lainnya. Jus ini mengandung antioksidan yang dapat menjaga sel dari gangguan sehingga tetap sehat.
• Minumlah 100 ml parutan yang dibuat dari rimpang yang berukuran sedang. Peras dengan sehelai kain bersih. mempunyai seribu satu macam khasiat untuk kesehatan, dan dalam hal ini berkhasiat menyembuhkan radang yang mungkin terjadi akibat serangan bakteri. Jika kurang suka, cobalah membuat rebusan , saring, bubuhkan air jeruk nipis secukupnya dan madu yang bermutu baik sebagai .

Apabila terjadi serangan, segeralah berhubungan dengan dokter spesialis untuk berkonsultasi. Dokterlah yang akan menentukan perlu tidaknya dilakukan tindakan operasi.

Apa Komentar Anda?

Komentar

Leave a Reply