Kadang-kadang, dalam memasak pasta kita sering mendengar istilah Al Dente. Apa sih Al Dente maksudnya?

Al Dente itu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan masakan pasta/nasi/kacang yang matang secara cukup dan baik. Memiliki kekerasan yang pas, matang, tapi tidak lembek (over-cooked).

Gampangnya, kalau pasta, pasta yang Al Dente itu pasta yang kekenyalannya terasa, tidak lembek ataupun terlalu keras karena belum matang.

Membuat pasta atau masakan yang al dente perlu sedikit trik. Kalau sudah terbiasa jadi mudah kok. Anda hanya perlu mengetahui titik tengah antara pasta yang under-cooked (belum matang) hingga pasta menjadi terlalu lembek dan kehilangan teksturnya (over-cooked). Kalau nasi, gampangnya, nasinya harus pulen. Pada sayuran atau kacang-kacangan, kondisi al dente berarti sayuran sudah matang, tidak berasa mentah tapi tidak lembek dan kehilangan kerenyahannya. Cobalah dengan latihan membuat sayur kangkung yang masih renyah tapi matang.

Memasak Al Dente pada pasta ada triknya. Simak caranya sebagai berikut.

• Mulailah dengan air mendidih yang cukup banyak untuk merebus pasta. Jangan pernah letakkan pasta mentah pada air yang belum mendidih saat mulai direbus, jika tidak, yang anda dapatkan adalah pasta lengket benyek.
• Garami air sedikit sebelum mulai direbus. Garam membantu Anda dalam memasak dan hingga mencapai tekstur al dente yang pas
• Hati-hati jangan gunakan terlalu banyak minyak saat merebus pasta. Sedikit minyak memang diperlukan saat merebus pasta supaya mereka tidak saling melekat.
• Sering diaduk. Hal ini dimaksudkan supaya pasta tidak menggumpal satu sama lain
• Gunakan api kecil saat air mulai mendidih dan anda memasukkan pasta. Lamanya merebus pasta dapat dilihat pada boks pasta (cara merebus). Saat waktunya hampir tiba dan begitu pasta mulai matang, memasak pasta selesai, jangan terlalu lama direbus.

Apa Komentar Anda?

Komentar

Leave a Reply